Senin, 02 September 2013

Berbicara tentang Marketing


Seiring dengan perkembagan ekonomi, istilah marketing di era ini bukanlah kata yang asing lagi bagi masyarakat umum.
Marketing mutlak dibutuhkan dalam penjualan produk/jasa, dengan kata lain marketing ini sangatlah penting. 
Mengapa dikatakan demikian?


Karena marketing bertindak sebagai jembatan penghubung antara perusahaan pembuat produk/jasa dengan konsumen yang memerlukan suatu produk/jasa yang sesuai dengan keinginan mereka. 
Marketing merupakan suatu strategi bisnis yang berusaha memperkenalkan, mengkomunikasian, dan mendistribusikan suatu produk/jasa kepada konsumen sehingga mereka merasa tertarik dan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan rasa puas. 
Kepuasan konsumen dapat timbul dari  produk/jasa yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen, harganya yang terjangkau oleh konsumen target, pelayanan terhadap konsumen yang memuaskan, dan citra produk yang baik dari sudut pandang konsumen
Beberapa pendapat mengenai marketing:

  • Philip Kotler

“Pemasaran adalah proses sosial dan managerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. (Kotler, 1986 : 5)”

  • William J. Staton 

“Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.” (Stanton, 1986 : 7)

Agar pesan yang ingin disampaikan mengenai produk/jasa dapat diterima baik oleh konsumen, maka diperlukannya sistem pemasran yang baik pula. Kadang kala suatu produk/jasa yang kualitasnya patut diacungi jempol dapat hancur dan tidak berkembang dengan baik karena proses marketingnya yang tidak tepat. Maka dari itu selain kekuatan kualitas dari produk/jasa yang akan di jual, sistem pemasarannya juga harus kuat dan tepat, sehingga dapat menghasilkan laba sesuai dengan target. 

Adapun unsur-unsur pokok yang terdapat pada marketing antara lain:
Pemasar, yaitu orang/sekelompok orang yang menjalankan proses marketing;
Produk/jasa, yang merupakan sesuatu yang diperjualbelikan;
Pasar, yang merupakan konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan sebagai permintaan terhadap barang atau jasa;
Promosi, penyampaian pesan kepada konsumen, sehingga konsumen dapat mengerti tentang produk/jasa yang dijual
Proses pertukaran, atau yang biasa disebut dengan proses transaksi.

Proses marketing diawali dengan melakukan riset pasar.  Riset pasar ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar potensi, persaingan, ragam, dan kendala yang ada di pasar. Hal ini diperlukan untuk menjaga daya saing dan  mempertahankan kelangsungan perusahaan. Setelah itu dilanjutkan dengan memilih target pasar yang dalam konteks ini membahas tentang siapa sajakah yang menjadi target utama produk/jasa tersebut. 
Kemudian menyusun strategi marketing, dengan memperhitungkan keunggulan yang dimiliki, siapkan strategi positioning dan brand produk. Setelah itu barulah kita merencanakan program marketing dengan berpacu pada konsep pemasaran.
Produk/jasa, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen
Price (Harga), harga yang ditawarkan kepada konsumen meliputi potongan, bonus, dan aturan kredit. Biasanya harga digunakan oleh konsumen sebagai tolak ukur kualitas.
Promosi, cara penyampaian pesan agar produk/jasa tersebut dapat dengan mudah dimengerti oleh konsumen. Promosi dapat dilakukan melalui media periklanan (pamflet, spanduk, dll), public relation, direct marketing dan salles
Place, mencakup pendistributoran barang kepada konsumen dan lokasi market.

Kemajuan teknologi dalam bidang sosial media semakin membantu sistem pemasaran, sifatnya yang murah dan mudah diakses banyak orang juga memberi kemudahan untuk melakukan sistem pemasaran di media online seperti Youtube, Facebook, Twitter, Blogger dsb. Di media ini, pemasar dapet dengan mudah memasarkan produk/jasanya secara visual. Demikian juga dimasa yang akan datang. Marketing akan berjalan seirama dengan teknologi yang semakin maju.


Sumber:
http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli.html
http://www.ut.ac.id/html/suplemen/adbi4433/adbi4433a/hal3mmix.htm
http://phareseven.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-tujuan-pemasaran.html
http://eko-trisna.blogspot.com/2010/01/tujuan-pemasaran.html
http://www.fortunepr.com/dibe-unit/1051-peran-sosial-media-dalam-marketing.html
Sumber gambar:
http://emsincorporated.com/has-your-marketing-message-changed-with-the-times/

Tidak ada komentar: