Selasa, 01 Oktober 2013

Positioning Mix


Setelah mengetahui Marketing Mix, dikenal juga Promotion Mix yang merupakan bagian dari Marketing Mix. Namun sebelum membahas Promotion Mix, ada baiknya jika kita pelajari dahulu arti dan maksud
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
o   Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
o   Membantu memperkenalkan barang/jasa baru dan kepada siapa atau dimana barang itu dapat diperoleh.
o   Mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
o   Mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
o   Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
o   Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

PROMOTION MIX
Menurut Basu Swastha (1999), promotional mix adalah
“Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”
Bauran promosi merupakan gabuNgan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal.
1.     Periklanan (Advertising)
2.     Promosi Penjualan (Sales Promotion)
3.     Penjualan Personal (Personal Selling)
4.     Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public Relations and Publicity)
5.     Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

           
1.  ADVERTISING
Secara sederhana periklanan merupakan suatu bentuk presentasi non personal atau massal dan promosi ide, barang atau jasa  oleh sponsor tertentu yang dibayar.
Keunggulan periklanan adalah cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat.
Bentuk iklan yang biasa digunakan antara lain surat kabar, radio, majalah, televisi, brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya.
¡  SIFAT UMUM PERIKLANAN
1.     Presentasi umum. Periklanan adalah cara berkomunikasi yang sangat umum.
2.     Tersebar luas. Periklanan adalah medium berdaya sebar luas yang memungkinkan pemasar mengulang satu pesan berulang kali.
3.     Ekspresi yang lebih kuat. Periklanan memberi peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara, dan warna penuh seni.
4.     Tidak bersifat pribadi. Audiens tidak merasa wajib memperhatikan atau menanggapi. Iklan hanya mampu melakukan tugas yang bersifat monolog, bukan dialog.
¡  Fungsi iklan
1.Informative
Menginformasikan khalayak mengenai seluk beluk produk.
2.Persuading
Mempengaruhi khalayak untuk membeli.
3.Reminding
Menyegarkan informasi yang telah diterima khalayak.
4.Entertainment
Menciptakan suasana yang menyenangkan sewaktu khalayak menerima dan mencerna informasi (entertainment).

2.  Sales promotion
Yaitu suatu kegiatan periklanan dan publisitas yang mendorong pembelian konsumen dan efektifitas pengecer.
Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: peragaan, pertunjukan, pameran, demonstrasi dan sebagainya.
§ Tujuan sales promotion
1.   Meningkatkan permintaan dari para pemakai industrial dan atau konsumen akhir.
2.   Meningkatkan kinerja pemasaran perantara.
3.   Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.

3.  Personal selling
Pada penjualan perorangan terjadi komunikasi pribadi secara langsung antara penjual dan pembeli, dimana penjual dapat membujuk, mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan.
Media yang digunakan antara lain: presentasi, penjualan, pameran dagang dan lain-lain.
Dengan kontak langsung ini diharapkan akan terjadi hubungan atau interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon konsumennya itu.
Unit aktifitas personal selling dititikberatkan pada SPG, marketing dan kurir. Mereka memberikan pelayanan yang dapat mendorong terjadinya pembelian produk danterciptanya customer satisfaction, yaitu memberikan informasi yang diperlukan, melayani pembayaran dan menanggapi keluhan para konsumen.

4.  Public relation and publicity
Publisitas adalah kegiatan-kegiatan komunikasi yang bertujuan menciptakan pemahaman melalui pengetahuan, membina hubungan yang baik dengan berbagai khalayak dan menumbuh kembangkan citra yang positif.
PR merupakan satu bentuk promosi yang effektif. PR yang baik akan mengikatkan prestige perusahaan serta citra perusahaan di mata publik.
¡  Aktivitas public relation dan publicity
1.     pidato executive dan senior management
2.     peristiwa khusus (konferensi pers, company tours, open house)
3.     Identitas perusahaan  (logo, stationery, brosur)
4.     public service  (donatur,  sponsorships )
5.     Web sites

5. Direct marketing
Direct marketing atau disebut juga dengan pemasaran secara langsung, merupakan penggunaan direct mail, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.Setelah mengetahui Marketing Mix, dikenal juga Promotion Mix yang merupakan bagian dari Marketing Mix. Namun sebelum membahas Promotion Mix, ada baiknya jika kita pelajari dahulu arti dan maksud
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
o   Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
o   Membantu memperkenalkan barang/jasa baru dan kepada siapa atau dimana barang itu dapat diperoleh.
o   Mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
o   Mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
o   Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
o   Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

PROMOTION MIX
Menurut Basu Swastha (1999), promotional mix adalah
“Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”
Bauran promosi merupakan gabuNgan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal.
1.     Periklanan (Advertising)
2.     Promosi Penjualan (Sales Promotion)
3.     Penjualan Personal (Personal Selling)
4.     Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public Relations and Publicity)
5.     Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

           
1.  ADVERTISING
Secara sederhana periklanan merupakan suatu bentuk presentasi non personal atau massal dan promosi ide, barang atau jasa  oleh sponsor tertentu yang dibayar.
Keunggulan periklanan adalah cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat.
Bentuk iklan yang biasa digunakan antara lain surat kabar, radio, majalah, televisi, brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya.
¡  SIFAT UMUM PERIKLANAN
1.     Presentasi umum. Periklanan adalah cara berkomunikasi yang sangat umum.
2.     Tersebar luas. Periklanan adalah medium berdaya sebar luas yang memungkinkan pemasar mengulang satu pesan berulang kali.
3.     Ekspresi yang lebih kuat. Periklanan memberi peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara, dan warna penuh seni.
4.     Tidak bersifat pribadi. Audiens tidak merasa wajib memperhatikan atau menanggapi. Iklan hanya mampu melakukan tugas yang bersifat monolog, bukan dialog.
¡  Fungsi iklan
1.Informative
Menginformasikan khalayak mengenai seluk beluk produk.
2.Persuading
Mempengaruhi khalayak untuk membeli.
3.Reminding
Menyegarkan informasi yang telah diterima khalayak.
4.Entertainment
Menciptakan suasana yang menyenangkan sewaktu khalayak menerima dan mencerna informasi (entertainment).

2.  Sales promotion
Yaitu suatu kegiatan periklanan dan publisitas yang mendorong pembelian konsumen dan efektifitas pengecer.
Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: peragaan, pertunjukan, pameran, demonstrasi dan sebagainya.
§ Tujuan sales promotion
1.   Meningkatkan permintaan dari para pemakai industrial dan atau konsumen akhir.
2.   Meningkatkan kinerja pemasaran perantara.
3.   Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.

3.  Personal selling
Pada penjualan perorangan terjadi komunikasi pribadi secara langsung antara penjual dan pembeli, dimana penjual dapat membujuk, mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan.
Media yang digunakan antara lain: presentasi, penjualan, pameran dagang dan lain-lain.
Dengan kontak langsung ini diharapkan akan terjadi hubungan atau interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon konsumennya itu.
Unit aktifitas personal selling dititikberatkan pada SPG, marketing dan kurir. Mereka memberikan pelayanan yang dapat mendorong terjadinya pembelian produk danterciptanya customer satisfaction, yaitu memberikan informasi yang diperlukan, melayani pembayaran dan menanggapi keluhan para konsumen.

4.  Public relation and publicity
Publisitas adalah kegiatan-kegiatan komunikasi yang bertujuan menciptakan pemahaman melalui pengetahuan, membina hubungan yang baik dengan berbagai khalayak dan menumbuh kembangkan citra yang positif.
PR merupakan satu bentuk promosi yang effektif. PR yang baik akan mengikatkan prestige perusahaan serta citra perusahaan di mata publik.
¡  Aktivitas public relation dan publicity
1.     pidato executive dan senior management
2.     peristiwa khusus (konferensi pers, company tours, open house)
3.     Identitas perusahaan  (logo, stationery, brosur)
4.     public service  (donatur,  sponsorships )
5.     Web sites

5. Direct marketing
Direct marketing atau disebut juga dengan pemasaran secara langsung, merupakan penggunaan direct mail, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

Tidak ada komentar: