Setelah
mengetahui Marketing Mix, dikenal juga Promotion Mix yang merupakan bagian dari
Marketing Mix. Namun sebelum membahas Promotion Mix, ada baiknya jika kita
pelajari dahulu arti dan maksud
Promosi
adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi
orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau
pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
o Menyebarkan
informasi produk kepada target pasar potensial
o Membantu
memperkenalkan barang/jasa baru dan kepada siapa atau dimana barang itu dapat
diperoleh.
o Mendapatkan
kenaikan penjualan dan profit
o Mendapatkan
pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
o Membedakan
serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
o Membentuk
citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
PROMOTION
MIX
Menurut
Basu Swastha (1999), promotional mix adalah
“Kombinasi
Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal
Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai
tujuan program penjualan”
Bauran
promosi merupakan gabuNgan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu
produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan
hasil yang maksimal.
1.
Periklanan (Advertising)
2.
Promosi Penjualan (Sales Promotion)
3.
Penjualan Personal (Personal Selling)
4. Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public
Relations and Publicity)
5.
Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
1. ADVERTISING
Secara sederhana periklanan merupakan suatu bentuk presentasi
non personal atau massal dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang dibayar.
Keunggulan periklanan adalah cepat dalam menyebarkan informasi
dan kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat.
Bentuk iklan yang biasa digunakan antara lain surat kabar,
radio, majalah, televisi, brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya.
¡ SIFAT
UMUM PERIKLANAN
1. Presentasi umum. Periklanan adalah cara
berkomunikasi yang sangat umum.
2. Tersebar luas. Periklanan adalah medium berdaya
sebar luas yang memungkinkan pemasar mengulang satu pesan berulang kali.
3. Ekspresi yang lebih kuat. Periklanan memberi
peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan
cetakan, suara, dan warna penuh seni.
4. Tidak bersifat pribadi. Audiens tidak merasa
wajib memperhatikan atau menanggapi. Iklan hanya mampu melakukan tugas yang
bersifat monolog, bukan dialog.
¡ Fungsi
iklan
1.Informative
Menginformasikan khalayak mengenai seluk beluk produk.
2.Persuading
Mempengaruhi khalayak untuk membeli.
3.Reminding
Menyegarkan informasi yang telah diterima khalayak.
4.Entertainment
Menciptakan suasana yang menyenangkan sewaktu khalayak
menerima dan mencerna informasi (entertainment).
2. Sales promotion
Yaitu suatu kegiatan periklanan dan publisitas yang mendorong
pembelian konsumen dan efektifitas pengecer.
Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: peragaan, pertunjukan,
pameran, demonstrasi dan sebagainya.
§
Tujuan sales promotion
1.
Meningkatkan
permintaan dari para pemakai industrial dan atau konsumen akhir.
2. Meningkatkan
kinerja pemasaran perantara.
3. Mendukung
dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.
3. Personal selling
Pada penjualan
perorangan terjadi komunikasi pribadi secara langsung antara penjual dan
pembeli, dimana penjual dapat membujuk, mempengaruhi konsumen untuk melakukan
pembelian produk yang ditawarkan.
Media yang
digunakan antara lain: presentasi, penjualan, pameran dagang dan lain-lain.
Dengan kontak
langsung ini diharapkan akan terjadi hubungan atau interaksi yang positif
antara pengusaha dengan calon konsumennya itu.
Unit aktifitas
personal selling dititikberatkan pada SPG, marketing dan kurir. Mereka
memberikan pelayanan yang dapat mendorong terjadinya pembelian produk
danterciptanya customer satisfaction, yaitu memberikan informasi
yang diperlukan, melayani pembayaran dan menanggapi keluhan para konsumen.
4. Public relation and publicity
Publisitas adalah
kegiatan-kegiatan komunikasi yang bertujuan menciptakan pemahaman melalui
pengetahuan, membina hubungan yang baik dengan berbagai khalayak dan menumbuh kembangkan
citra yang positif.
PR merupakan satu
bentuk promosi yang effektif. PR yang baik akan mengikatkan prestige
perusahaan serta citra perusahaan di mata publik.
¡ Aktivitas
public relation dan publicity
1.
pidato executive dan senior management
2. peristiwa khusus (konferensi pers, company
tours, open house)
3.
Identitas
perusahaan (logo, stationery, brosur)
4.
public service (donatur,
sponsorships )
5.
Web
sites
5.
Direct marketing
Direct marketing atau disebut juga dengan
pemasaran secara langsung, merupakan penggunaan direct mail, telepon, faksimil, e-mail dan alat
penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan
tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar